Kamis, 21 Februari 2013

Jika aku menjadi "Duta Lingkungan"

Bumi kita tercinta ini sudah banyak tercemar oleh pembuangan industri baik itu berupa limbah padat, cair maupun gas. Limbah gas ini, belum maksimal penanggulangannya. Jadi jika aku menjadi duta lingkungan, aku akan memperhatikan hal ini, karena apabila masalah ini tidak ditanggapi secara serius, maka gas- gas pembuangan industri dapat menipiskan lapisan ozon dan membuat UV menembus ke bumi tanpa perantara yang dapat menyebabkan kanker kulit. Sungguh, sangat mengerikan. Apalagi, terjadi reaksi pembelahan sel kanker di kulit, dapat menyebabkan kematian. Maka, salah satu misi saya jika menjadi duta lingkungan adalah membuat suatu lingkup hijau (penghijauan) di lingkungan yang tercemar seperti disekitar pabrik. Seperti halnya yang ada di sekitar pabrik-pabrik rokok di Kudus.
Selain limbah gas dari lingkungan industri, asap-asap dari kendaraan dan rokok pun akan dapat teratasi dengan adanya penghijauan.
Selain penghijauan di sekitar pabrik industri, penghijauan di jantung kota pun perlu di lakukan agar udara di kota tidak banyak tercemar oleh limbah asap dari asap kendaraan.
Dan tidak kalah pentingnya lagi adalah melakukan penanaman kembali di hutan-hutan gundul.
Hal lain yang akan saya perhatikan jika menjadi duta lingkungan adalah "Sampah". Karena banyak sekali sampah sampah dari limbah rumah tangga yang seenaknya di buang begitu saja, di buang ke sungai atau pun ke laut. Dan hal ini dapat menyebabkan banjir seperti halnya yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia.
Dan dengan menanggapi permasalahan ini saya akan menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, dengan menyediakan tempat sampah besar di beberapa titik di kampung maupun kompleks perumahan. Baik itu tempat sampah organik maupun non organik. Pemisahan ini untuk memudahkan mengolah kembali sampahnya. Dan menyediakan beberapa truk pengangkut sampah untuk mengambil sampah-sampah tersebut untuk selanjutnya di bawa ke TPS untuk di olah maupun di hancurkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar