Sabtu, 25 Februari 2012

Diary cinta Linda


Jepara,10 januari 2011 pukul 17.29 wib
*Diary
Cinta-Ku*


Linda Alfi Lutfinda


*Diary Cinta-Ku*
Inilah curahan hatiku yang ingin aku bagi dengan kalian, tentang sepenggal perjalanan cintaku, sebelum akhirnya aku menemukan matahari dihatiku. Cerita manis, pahit pernah ku alami dan selalu silih berganti, sampai saat ini. Karena manusia adalah makhluk yang berkarakter yang terbentuk oleh lingkungan, karena itulah, yang baik bisa menjadi menyebalkan, yang pemarah bisa menjadi sangat sabar, sifat manusia selalu berubah-ubah tanpa dapat diprediksi. Saat pertama kali jatuh cinta pasti terasa seperti bertemu malaikat, namun hari demi hari, minggu berganti bulan lalu berpindah tahun sang malaikat hati bisa saja seperti orang asing. “karena mempertahankan itu lebih sulit dari mendapatkan”. Di dunia ini “cinta” adalah fenomena yang sangat menarik untuk dibahas, bukan hanya cinta terhadap lawan jenis, tapi juga cinta terhadap sang pencipta Allah SWT, cinta terhadap Rasulullah.
Saat kita mencintai seseorang pasti kita ingin yang terbaik buat dia, pasti kita ingin melakukan yang terbaik untuknya. Seperti seorang umat yang mencintai Rasulnya, pasti segala perbuatannya akan ditiru, sunnah-sunnahnya pasti akan dijalani. Terlebih seorang hamba yang mencintai Tuhannya, pastilah segala perintahnya pasti dilakukan dan segala larangannya akan ditinggalkan. Siapapu yang dicinta pasti kita selalu berusaha memberi yang terbaik.
Jatuh cinta
Jatuh cinta adalah awal dari percintaan. Semua orang pasti akan merasakan jatuh cinta. Jatuh cinta bukan untuk seorang kepada lawan jenis saja. Bisa saja perasaan seorang ibu yang baru melahirkan anaknya. Seorang yang baru saja mendapat sesuatu yang didambakannya. Dan masih ada banyak lagi bentuk-bentuk jatuh cinta. Jatuh cinta bisa terjadi secara alami dan tanpa perkiraan, tapi bisa juga terjadi karena terbiasa bersama yang mengakibatkan pengenalan karakter yang mendalam dan menimbulkan benih-benih cinta. Tapi sebaiknya sebelum menjatuhkan pilihan siapakah yang kalian suka, sebaiknya memperhatikan 3hal pokok penting berikut ini:
1.       Karakter
Sebelum hati kita bener-bener menyukai seseorang, sebaiknya kita mengetahui karakternya terlebih dahulu. Minial dengan sedikit mengenali gerik juga raut wajahnya. Agar tidak ada penyesalan dikemudian hari, karena penyesalan datang diakhir kisah bukan diawal kisah. Seperti banyak kita ketahui bahwa watak itu berbeda dengan “watuk (bahasa jawa yang berarti batuk)”. Watak bukan penyakit yang bisa disembuhkan,dengan kata lain karakter susah dirubah.
Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan:
1.        jika sudah ada target, pastikan dulu dia tidak sedang berpacaran/HTSan/TTMan/deketin cewe or cwo lain.
2.       Cari tau tentang kesehariannya, dengan sedetail-detailnya. Termasuk semua tentang mantannya, kenapa alasan mereka putus.

Mengetahui karakter sangat penting sebelum kalian pacaran. Karena karakter adalah kunci utama agar hubungan kalian bisa langgeng. Percuma jugakan punya pacar ganteng dan kaya tapi pelit, telmi or blo’on, tidak pengertian, suka main tangan, dsb. Atau sebaliknya, punya pacar cantik tapi lemot, oon, matre, egois, dsb. Hmmmmm............ jangan sampai dech, dapat pasangan yang seperti itu. Karena endingnya akan menyedihkan dan sangat disayangkan. Aku ngomong gini karena belajar dari pengalaman.

2.       Materi
materi juga penting dalam hal ini, bukan karena faktor matrealistis tapi faktor kebutuhan akan materi. Gak enak jugakan kita punya pacar super baik, tapi tiap kali kita jalan tak pernah dibeliin apa pun, minimal dibeliin minum or traktir makan, iya ndak? Atau bagi kamu para cowo, nggak enak juga kan punya cewe yang selalu bergantung pada kalian. Cewe yang selalu ingin dikirimi pulsa dan ingin dibelikan barang-barang yang dia butuhkan tanpa melihat atau mengerti keadaan kalian.
·         Cari cowo mapan (bagi para cewe), jangan yang masih sangat bergantung pada orang tua
·         Cari cewe mandiri (bagi para cowo), jangan yang manja dan yang selalu ingin dituruti kemauannya.
·         Jangan memanfaatkan, dan jangan mau dimanfaatkan
·         Jika saat pertama kali kalian jalan, kamu tidak menawarkan apapun (minimal makan or minum), saranku jangan lanjutkan pendekatan (khusus cewe). Bagi para cowo, jika kamu pertama kali ngajak dia jalan, dia minta sesuatu padamu turutin aja tapi untuk yang pertama sekaligus yang terakhir, karena sudah bisa dipastikan juga cewe seperti ini adalah tipe cewe matre. “janganlah kalian dibutakan oleh cinta, yang merugikan kalian”.

3.       Face and Smart
Yang ketiga ini juga tak kalah penting. Aku yakin hampir semua cewe mendambakan cowo yang tampan, keren, dan Smart pastinya. Kalau Cuma tampan sich kurang. Percuma punya cowo tampan tapi otaknya kosong dan bego’, belum lagi kalau suka nepsong. Hmmmmm.......gak banget dech bo’.... penampilan luar juga bisa mencerminkan kepribadian lho. Misal cowo rapi, pasti hidupnya juga serapi penampilannya, maksudnya kehidupan kesehariannya teratur. Misal lagi cowo yang suka pakai jam tangan, tanpa disadari sendiri oleh si pemakai, cowo yang seperti ini adalah cowo yang menghargai waktu dan selalu tepat waktu juga disiplin. Cowo yang suka memakai jaket, adalah tipe cowo yang penuh dengan kehangatan.
Aku yakin para cowo juga menginginkan hal yang tak jauh berbeda, punya cewe yang cantik, pinter, dan selalu berpenampilan menarik dalam segi apapun, cewe yang selalu wangi dan fashionble, tapi jangan sampai yang over, yang lebay dan alay. Jangan juga yang terlalu meniru gaya orang lain. Misal artis favoritnya. Yang unik dan apa adanya aja.....

Tipe-tipe cowo
1.       Cowo pendiam
Cowo seperti ini sangat sulit untuk didekati. Karena mereka sangat menutup diri dari orang lain. Tapi jangan sampai kalian tertipu karena tak semua cowo pendiam itu seperti yang kalian bayangkan, baik, sabar, dan pokoknya yang baik-baik dech. Waspada aja!!! Karena terkadang pada saat sudah pacaran malah lebih mengerikan, lebih agresif, nepsong gedong gitoch,.. aduh-duch,. Gilingan dech bo’.... tipe cowo seperti ini biasanya sangat tertutup. Hal ini membuat komunikasi kalian kurang baik,karena tiap ada masalah pasti susah diajak share... akibatnya 43% hubungan kalian akan sulit dipertahankan.
2.       Cowo cuex
Cowo tpe ini memang nyebelin. Tapi jangan salah,mereka ini dijamin 97% setia. Karena dibalik sifatnya yang cuex dia itu tipe cowo yang tak tega nyakitin cewe. Dan jangan ditanya,perhatiane piollll rek... tapi lihat sikon hati dia juga sich,.. heheheh......  Meski kelihatannya tak peduli dan masa bodoh dengan pasangannya,mereka ini lebih perhatian. Walau mereka kaku dalam masalah percintaan,meski susah sekali berkata manis,bilang cinta atau bilang rindu,tapi mereka lebih bisa dewasa dalam menyikapi suatu masalah dalam hubungannya. Punya cowo tipe ini dituntut harus ekstra sabar.
3.       Cowo aktif
Cowo yang selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan seperti di kampus, kegiatan di sekolah, maupun kegiatan bakti sosial, biasanya kurang bahkan sangat tidak peka. Mereka tak terlalu memikirkan masalah percintaan. Mereka selalu mengutamakan kegiatan mereka dibandingkan kita sebagai pacarnya. Misal saat ada janji nge-date, tapi sejam atau beberapa menit sebelim kalian bertemu tiba-tiba dia mendapat informasi dari temannya bahwa ada rapat dadakan yang mengharuskannya datang karena dia termasuk anggota yang menduduki posisi yang penting dalam kegiatan yang diikutinya. Bisa dijamin 99% dipastikan dia pasti lebih memilih menghadiri rapat tersebut, dan membatalkan janji dengan kalian. Meskipun tak apa jika sekali-kali dia tidak bisa menghadiri rapat tersebut. Kita yang harus selalu ngertiin dia. Bagi cewe yang punya cowo tipe ini harus bisa lebih bersabar jika tetap ingin mempertahankan hubungan kalian.
4.       Cowo romantis
Semua cewe pasti suka cowo tipe ini. Tapi hati-hatilah karena keromantisan tersebut bisa saja sebuah tipu daya. Karena pada kenyataannya, 87,9% cowo romantis itu playboy. Dan pastinya hobinya itu mainin cewe, selingkuh. Mereka hanya bermodalkan kalimat indah yang mereka rangkai untuk menakhlukkanhati cewe. Dari pengalaman temen-temen yang sering curhat sama aku, cowo romantis memang lebih perhatian. Dan dari beberapa pengakuan si cowo yang seperti ini,mereka mengakui. Mereka mempunyai prinsip gilingan, kata mereka “cinta itu indah, harus dinikmati dan dijelajahi. Mereka selalu berkata, ”aku hanya ingin adil pada semua cewe, agar mereka merasakan indahnya cinta dan sebenarnya aku gak ingi,gak berniat untuk selingkuh J “.
5.       Cowo posesif
Cowo tipe ini menganggap dirinya selalu benar, egois. Karena itu dia sangat suka mengantur-ngatur pasangannya. Selalu ngasih perhatian yang berlebihan, pecemburu, bahkan 67% diantaranya suka main tangan dan sulit mengontrol emosi. Saat cowo tipe ini merasa terhianati tanpa pikir panjang pasti langsung ngomong putus, tapi tak berselang lama pasti langsung minta balik. Kasih sayangnya memang tulus, tapi sering kali menyakitkan.
6.       Cowo komersil
Jangan dikira cewe saja yang matrealistis, cowo juga ada yang matre. Meskipun lebih banyak populasi cewe yang matre, hehehehe,.. jurus-jurus mereka sama dengan cowo romantis, tapi bedanya mereka Cuma modal dengkul doanx. So,.. jangan mau dech dikadalin cowo tipe ini. Buang ke laut aje,.. karena cowo ini hanya akan jadi benalu dalam kehidupan kalian. Alasannya pasti selalu sama, ”dompet ketinggalan”, mereka selalu memasang wajah “ngenes” agar cewenya simpati, kasihan melihatnya.

Tipe-tipe cewe

1.       Cewe romantis
Cewe tipe ini biasanya suka melakukan hal-hal romantis pada pasangannya, lebih peka, pengertian tapi juga sering gonta-ganti pasangan. Cewe romantis sangat berbeda dengan cowo romantis yang hanya ingin berpetualang menjelajahi cinta. Cewe romantis berganti pasangan lebih dikarenakan suatu misi “mencari cinta sejati”, kedengarannya sich sangat lebay banget, tapi inilah faktanya. Mereka memang sangat percaya dengan adanya “cinta sejati”.
Untuk menakhlukan cewe tipe ini sangatlah mudah. Tunjukkan saja ketulusanmu, buat dia yakin bahwa kamu baik buat dia. Buat dia berfikir kalau kamulah “cinta sejatiny”, soulmate yang selama ini dia cari-cari.
2.       Cewe pendiam
Cewe tipe ini biasanya lebih sensitif, pengen selalu dimengerti dan diperhatiin, setia, dan lebih banyak diam tentunya. Untuk mengatasi kebosenan dengan cewe tipe ini, kamu-kamu harus pandai-pandai memilih topik pembicaraan, agar dia mau speack-speack gitchu loch. Misalkan membicarakan sesuatu yang disukainya, filem favoritnya, artis idolanya, atau apalah. Yang penting komunikasi kalian lancar, nyambung dan asyik tentunya.
3.       Cewe komersil
Cewe tipe ini adalah cewe yang gila harta, gila fashion, pokoknya gilingan dech bo’,... ahihihi,..... mereka selalu ingin dibeliin barang-barang yang sebenere sich gak penting-penting amat. Mereka selalu mengukur segala sesuatu dengan uang.
Motto mereka:  “ada uang abang ku sayang,tiada uang abang ku tendang”, sadis banget kan bo’.
Kamu para cowo harus mempunyai bujet lebih jika mempunyai cewe tipe ini, karena sewaktu-waktu mereka melihat barang yang mereka suka, pasti mereka minta untuk dibeliin. Yang mereka tau hanya jalan, makan-makan, belanja, tanpa memikirkan kondisi keuangan kalian. Ingat itu baik-baik!!! Mereka akan menggantunggkan hidupnya pada kalian, meski mereka sudah mendapatkan jatah bulanan dari orang tua mereka. Pulsa, baju, tas, sepatu, adalah barang yang harus kalian penuhi buat mereka. Makan ditempat elit,gak Cuma itu, ke salon dan parfum bermerk yang mahal juga terkadang jadi tambahan buat menunjang penampilannya yang sok “borju”. Sifat lain dari mereka adalah manja, egois dan pencemburu berat.
Selain itu semua, kalian juga harus punya kendaraan yang bagus, terbaru, keren dan mahal. Bensin juga harus selalu penuh, karena kalian para cowo akan mendapatkan kerjaan tambahan, yaitu menjadi supir pribadinya. Tak heran juga kalau cewe tipe ini banyak disebut sebagai  “cewe bensin”. Mereka cinta karena mereka butuh, bukan butuh karena cinta.
4.       Cewe posesif
Cewe tipe ini biasanya selalu ingin mengendalikan pasangannya. Dalam arti mengatur yang berlebihan, egois, pecemburu, dan selalu ngasih perhatian yang berlebihan. Tak jauh bedalah dengan cowo posesif. Punya cewe tipe ini harus siap jauh dari temen, terutama temen cewe. Karena sifat cemburu yang berlebihan dan terkadang tak masuk akal. Gak Cuma pada temen cewe, tapi juga temen cowo yang sangat dekat denganmu. Dan dari sinilah dia akan membatasi pergaulanmu.

5.       Cewe cuex
Cewe cuex memang tak terlalu memperdulikan masalah pacaran. Tapi mereka lebih jujur, dewasa dan apa adanya. Punya cewe cuex memang harus sabar, kalian harus bisa ngertiin mereka. Meski mereka tidak perhatian dengan pasangannya, tapi kalian sebagai cowo kalian harus tetap ngasih perhatian pada mereka.
6.       Cewe manja
Cewe tipe ini sangat bergantung pada orang lain, terlebih pada pacarnya. Mereka egois, selalu ingin diperhatikan dan dimengerti. Pecemburu dan super caldis. Untuk mengatasi cewe tipe ini harus extra sabar. Jangan pernah membuatnya merasa jauh dari kamu, merasa tidak diperhatikan. Apalagi membuat dia cemburu. Mereka akan sangat down, jika merasa disakiti. Dan tanpa berfikir panjang mereka sering mengucap kata putus.

Jurus PeDe KT 2011
1.       Jadi diri sendiri
Buang jauh-jauh jaim kamu, sifat pura-pura kamu di depan gebetan. Jangan berusaha jadi orang lain dengan maksain diri supaya sesuai dengan kriteria gebetan kamu. Jadi orang lain untuk menjaga imagegak ngejamin buat kamu bisa jadian. Malah mungkin bisa menyiksa dirimu sendiri. Kalau kamu jadi orang lain buat jaga image, yang ada malah gebetanmu ilfil dan kecewa jika tau dirimu yang sebenarnya seperti apa.
NB: kalau tujuan kamu untuk menjaga penampilan sih gak apa-apa.
Misal: kamu orang yang jarang mandi, lalu kamu jadi rajin mandi.
Kamu yang dulunya jarang bau wangi, sejak ketemu/deket sama gebetanmu jadi rajin pakai parfum.
2.       Kasih dia kesan tak terlupakan
Pepatah bilang cinta itu datangnya dari mata turun ke hati. Pakailah pepatah ini untuk melancarkan aksimu. Coba kamu memakai mata kamu untuk menakhlukkan dia. Terus kasih dia tatapan penuh kekaguman dan setelah itu kamu kasih dia senyuman terindah dan termanis sebagai endingnya. Tapi jangan sampai mengundang nafsu syahwat ya,..
Tatapan mata kamu bisa ngebuat dia melting dan merasakan sinyal-sinyal cintamu. Setelah itu lihat reaksi dia. Kalau dia salting berarti dia bisa menangkap sinyalmu.
3.       Bersikap menyenagkan
Waktu kamu ngobrol sama dia harus bisa seimbang. Usahakan agar bisa jadi lawan bicara yang cocok dan nyaman. Jika dia mulai agak diam atau tidak banyak bicara itu tandanya dia tidak menyukai topik obrolan itu. Segeralah ganti topik lain yang sekiranya dia cocok dan nyaman. Buat dia merasa terhibur dan gak bosen. Sisipkan obrolan-obrolan lucu dan seru, singkirkan rasa grogi yang berlebihan. Karena grogi yang berlebihan bisa ngrusak komunikasi kalian. Cari tau apa yang dia sukai dari obrolan kalian. Itung-itung menyelam sambil minum air. Buang jauh- jauh obrolan yang membosankan. Lakukan hal-hal yang dia sukai dan jauhi hal-hal yang tidak dia suka. Tapi jangan berlebihan dan melewati batas kemampuan kamu. Begitupun juga pada saat sms atau telfon.
Misal: gebetanmu suka panjat tebing,tapi kamu fhobia dengan ketinggian. So, jangan lakukan hal bodoh dengan maksain diri buat pura-pura menyukai panjat tebing demi lebih dekat dengan si Doi.
4.       Merubah sifat jadi lebih baik
Siapa sich yang nggak ingin mempunyai pacar yang baik? Seperti jujur, setia, perhatian, sopan, lemah lembut, bukan pemakai narkoba, nggak suka merokok, sabar, bertanggungjawab, dll. Semua orang pasti mendambakan yang baik-baik seperti itu. So,jika kamu belum punya sifat-sifat dan sikap baik seperti itu, rubahlah dirimu jadi lebih baik, agar kamu menjadi orang yang lebih baik di mata orang,terutama di depan si doi.
5.       Meyakini diri sendiri
Sebelum mengenal dia lebih dalam, terlebih dulu yakini dirimu sendiri. Apa dia yang kamu inginkan?? Apa kamu yakin dia baik untukmu?? Yakin juga kamu bisa membuat dia menyukaimu. Seperti kamu menyukainya.
6.       Kenali dia lebih dalam
Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain. Jika kata orang baik, belum tentu dia benar-benar baik, begitipun sebaliknya. Kamu harus mengenalnya sendiri dengan baik. Dari pada nantinya kamu merasa tak sesuai dengan yang kamu tau dari orang-orang. Selidiki sendiri dan cari tau gimana sifatnya dan kesehariannya. Kalau sudah merasa klop, barulah lanjutkan misi kamu buat merebut hatinya.
7.       Perhatikan penampilanmu
Usahakan dirimu selalu terlihat rapi, bersih dan wangi setiap saat. Siapa tau tak sengaja kamu berpapasan dengan dia dijalan. Nggak lucu kan kalau kamu yang biasanya sangat perfeck saat ketemuan sama dia, tiba-tiba dia melihat kamu kucel, berantakan saat tiada janji dengannya. Supaya dia tidak ilfil dan merasa ditipu.
8.       Dukungan lingkungan
Dekati teman-temannya, keluarganya, untuk mencari dukungan. Ini akan menjadi nilai plus buat kamu. Dalam proses PeDeKT dukungan dari lingkungan sekitarnya sangatlah penting.
9.       Modal yang cukup
Modal yang dimaksud ini tak selalu modal berupa materi. Bisa juga dalam bentuk kepribadian, karena terkadang sifat baik mengalahkan harta dab tahta. Selama kamu bisa membuat dia nyaman juga bisa jadi modal buat kamu. Tapi jangan sampai kamu mendapatkan cewe matre, kamu harus tetap pandai mengatur keuangan dengan baik saat proses PDKT. Jangan terlalu boros.
Buat kamu para cewe juga jangan selalu bergantung pada cowo. Siapkan dana cadangan saat kalian jalan bareng. Siapa tau dia lupa bawa dompet. Saat makan juga jangan selalu dia yang bayar. Sekali-kali gantian donx,. Agar gak ada yang merasa dirugikan,. Hehehehehe
10.   Terus deketin sampai ada sinyal, tapi jangan sampai berlebihan agar dia tidak ilfil.
11.   Jika ada respon segera tembak dia (terutama bagi para cowo)
·         Jika kamu cewe, jangan sampaimkamu nembak duluan. Tahan diri dulu sampai dia yang nembak kamu.
12.   Jika cara di atas tidak berhasil/ditolak atau bagi cewe belum ditembak juga,. Hentikan PDKT-nya.
·         Dekati temannya,kasih perhatian lebih pada temannya dihadapannya secara langsung
·         Stop perhatian sama doi
·         Cuex di depannya
87% dia pasti merasa kehilangan, merasa ada yang hilang dan merasa menyesal. 67% kemungkinan dia akan berbalik deketin kamu.

Jika tak berhasil juga, ya,... itu derita loe.... hehehehe
Cari aja target lain.

*Good Luck ya,....*


Tips menghadapi kegagalan
Kegagalan terkadang membuat kita putus asa dan untuk itu perhatikan tips di bawah ini agar kamu tak mudah putus:
1.       Intropeksi diri
Renungi masalah yang membuatmu kamu merasa gagal. Buat pertanyaan dalam hatimu saat kamu sedang sendiri. Pertanyaan yang timbul pastilah mengapa? Kok bisa? Bagaiman? Dan semua pertanyaan yang timbul itu hanya kamu sendiri yang tau jawabannya.
2.       Bangkit
Jadikan kegagalan sebagai batu loncatan untuk merah kesuksesan dimasa depan. Semangat!!! Semanagt!!!
Tujuannya adalah agar kamu gak jatuh dalam lubang yang sama
3.       Tetap optimis
Tetaplah yakin dibalik kesusahan pasti ada kumudahan. Karena pesimis hanya akan membuatmu semakin merasa terpuruk,merasa gagal dan merasa tak berguna. Semua kepesimisan itu tidak akan membuat kamu sukses. So, tetap optmis dan dalam segala situasi apapun teriakkan dalam hatimu “Aku bisa,.. Semangat!!!”
4.       Yakin semua butuh proses
Kesuksesan itu nggak didapat begitu saja dengan mudah. Tapi memerlukan proses. Mungkin dulu,mungkun kemarin,mungkin hari ini kamu gagal. Tapi yakini bahwa besok kamu pasti akan meraih kesuksesan. Jika kamu berusaha lebih keras lagi,dengan penuh semangat kamu pasti bisa sukses.
5.       Jangan frustasi
Frustasi ialah pelahiran dari hasrat yang sangat meluap dan berlebihan karena mendapat rintangan dari lingkungan sekitar,seperti halnya saat menghadapi kegagalan.
6.       Mendekatkan diri pada Tuhan
Dengan beribadah (seperti shalat,bagi yang muslim) dan berdoa kamu akan bisa lebih dekat dengan Tuhan. Dan akan merasakan ketenangan. Serahkan semua pada Tuhan,jika kamu sudah berusaha semaksimal mungkin.

Krisis PeDe
Cowo yang ditolak cewe or cewe diputusin cowo terkadang nggak Cuma membuat kita merasa gagal tapi juga membuat kita semakin tak percaya diri. Cowo or cewe yang patah hati biasanya memicu ketidak teraturan makan. Ada yang tak nafsu makan sama sekali karena dia merasa gemuk dan membuatnya tak pede, karena dia beranggapan kegemukan adalah masalah utama dia. Dan ada juga yang nafsu makannya bertambah.

Akibat:
1.       Anoreksia nervosa
Adalah penyakit yang diakibatkan diet berlebihan agar tubuh tampak langsing. Penderita penyakit ini biasanya menolak untuk makan. Hal ini sangat berbeda dengan orang yang melakukan diet sehat. Penderita penyakit ini selalu merasa dirinya gemuk meski sudah terlihat kurus dari sebelumnya. Frustasi adalah pemicu utama penyakit ini. Mereka makan sangat sedikit bahkan terkadang tidak makan.
Sifat psikologis penderita Anoreksia Nervosa:
·         Mudah marah
·         Perfeksionis dan suka memaksa
·         Keras kepala
·         Egois banget
·         Nggak bisa ngambil keputusan
·         Menghindari orang lain
·         Kehilangan kontrol
·         Depresi berat

Gejala fisik yang dapat dilihat dari penderita penyakit ini:
·         Berat badan menurun drastis
·         Perut sembelit
·         Menstruasi tidak lancar,bahkan tidak mens
·         Bagian-bagian tubuh tertentu mengalami pembengkakan
·         Kulit kekuning-kuningan
·         Rambut rontok
·         Kram otot
·         Suhu badan menurun
·         Otot jantung melemah

2.       Bulimia
Adalah penyakit yang akibatnya nafsu makan yang berlebihan, ”makan gila-gilaan” terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Tak berbeda dengan penderita Anoreksia nervosa, penderita “Bulimia” juga mengalami depresi berat dan ingin menghindar dari orang lain. Sifat psikologisnya juga sama dengan penderita Anoreksia nervosa.
Gejala fisik yang dapat dilihat:
·         Kekacauan detak jantung
·         Perut sembelit
·         Radang pada perut dan tenggorokan
·         Pembusukan gigi
·         Luka di kerongkongan

Dari awal pengalamanku dulu aku pernah menderita penyakit Bulimia, dalam jangka waktu belum genap sebulan berat badanku naik hampir 5kg. Dan tak Cuma aku, temanku juga pernah menderita penyakit Anoreksia Nervosa, dalam waktu 23hari dia turun 7kg, dan karena penyakit ini dia sampai opname di rumah sakit selama 5hari. Jangan sakiti dirimu dengan keterpurukan, kesedihan, yang membuatmu frustasi bahkan depresi.

Mengatasi krisis PeDe
1.       Belajarlah menerima kenyataan
2.       Lebih bersyukur
3.       Menjadi diri sendiri dan apa adanya
4.       Tetap optimis
5.       Yakin dan semangat
Patah hati
Dalam percintaan pastilah ada awal dan ada akhir. Diawali dengan jatuh cinta, menjalin hubungan, dan diakhiri dengan kata putus yang mengakibatkan patah hati. Tak semuanya kisah berakhir bahagia, ada kalanya juga sakit dan kecewa. Tapi meski disakiti, dikecewakan, janganlah ada yang namanya dendam atau permusuhan. Awal yang baik sudah dengan semestinya diakhiri dengan kebaikan juga. Saat merasa patah hati, boleh saja kalian sedih dan menangis. Namun kesedihan dan tangisan itu jangan sampai berlarut-larut.
Cinta itu ibarat coklat, meski awal dirasakan sangatlah manis tapi tetap saja akan ada rasa pahitnya. Yang terkadang terasa saat pertama menggigit, atau ditengah, maupun diakhir. Saat kamu patah hati anggap saja kamu sedang memakan rujak buah yang sangat pedas. Meski pedas tapi dengan meminum air dan menunggu beberapa menit kemudian pasti langsung hilang tanpa ada sisa.seperti itulah harusnya saat kalian patah hati, jangan terlalu berlarut-larut. Menangislah sejadi-jadinya saat itu juga, bersedihlah saat itu juga. Tapi seperti halnya makan rujak, sepedas apapun dalam waktu yang cukup singkat pedasnya pasti hilang. Dan yang dapat menyembuhkan sakit hatimu adalah dirimu sendiri. Yakinlah masih ada banyak yang lebih baik. Dan jodoh yang sebenarnya sedang menunggumu.
Tips agar tak berlarut-larut dalam kesedihan karena patah hati:
1.       Buang jauh-jauh kenangan tentang dia
·         Kalau kamu punya foto si dia,yang kamu pajang di kamar, maupun kamu umpetin di dompet, segeralah membuangnya. Ganti dengan foto kamu, atau foto keluarga kamu atau sahabat terdekatmu
·         Singkirkan sumua barang pemberiannya dan semua barang yang dapat mengingatkanmu dengannya. Simpan barang itu di gudang, atau kamu berikan pada oarng lain saja agar bisa lebih bermanfaat
·         Hindari tempat-tempat yang dulu sering kamu datangi dengan doi
2.       Ingat keluargamu dan sahabatmu,mereka masihmembutuhkanmu. Kamu bisa hidup kok, meski tanpa dia
3.       Waktumu masih panjang. Karena itulah kamu harus yakin bahwa dia bukan yang terbaik buat kamu. Masih ada banyak harapan dan cita-cita yang ingin kamu capai kan?? So, jangan terpuruk or sedih lagi ya guys,..
4.       Yakin kan dirimu bahwa hidup nggak hanya untuk bersedih-sedih ria dan menyesali yang telah terjadi, nggak hanya untuk jatuh cinta lalu patah hati. Banyak kegiatan yang lain yang bisa dikerjakan dan harus kamu kerjakan. Misal sekolah, belajar, kuliah, kerja, ikut dalam kegiatan yang bermanfaat seperti bakti sosial, dsb.
5.       Harimu adalah hari ini dan masa depan, bukan dimasa lalu saat kamu masih bersama dia.
6.       Cari kegiatan lain yang positif untuk mengisi waktu luang, agar tak ada lagi waktu untuk memikirkannya.
7.       Cari yang baru
8.       Biar kamu nggak merasa sakit karena patah hati lagi, mendingan nggak usah pacaran lagi aja. Lagian, pacaran kan mendekati zina jika tidak dilandasi iman yang kuat. Jelas-jelas Tuhan melarang kita mendekati zina, karena itu dosa. Kalau sudah siap dan sudah mapan aja baru pacaran bentar, terus nikah. Ben gak nangis lagi karena patah hati jangan kayak makan sambel, kapok bentar tapi diulangi terussss,........ heheheheheh,....!!!!!

Tips balikan sama mantan:
1.       Ingatkan dia dengan semua kenangan kalian
2.       Tunjukkan kamu masih peduli, sayang dan butuh dia. Kamu tak ingin kehilangan dia
3.       Tetap sms or telfon dia
4.       Beri dia perhatian seperti dulu saat kalian masih bersama
5.       Beri dia sesuatu yang berkesan yang bisa mengingatkan masa-masa indah yang pernah kalian lalui berdua. Ingatkan juga bahwa dulu dia juga sangat menyayangimu
6.       Buat dia percaya lagi padamu
7.       Cari dukungan dari orang-orang terdekatnya
8.       Tunjukkan bahwa kamu menyesal putus sama dia,dan masih ingin bersamanya lagi
9.       Lakukan 8 step diatas dulu,jangan sampai kamu gegabah langsung ngomong ingin balikan sama dia. Karena semua butuh proses.
10.   Jika proses itu sudah berjalan selama 2minggu, mulailah mengetes perasaannya. Apa dia masih ada rasa sama kamu meski Cuma sedikit, karena itu bisa menjadi jalan masuk untuk kembali memeluk hatinya.
Caranya: dekati teman atau saudaranya yang masih jomblo. Sebelum melaksanakannya kamu harus kasih tau tujuanmu pada teman atau saudaranya itu agar tidak terjadi kesalah fahaman atau merasa dimanfaatkan. Tunjukkan perhatianmu pada teman atau saudaranya itu dihadapannya. Kalau dia salting dan terlihat cemburu, itu artinya dia masih ada rasa.
11.   Jika dia mulai menanyakan kedekatan antara kamu dengan teman atau saudaranya itu artinya dia belum rela jika kamu bersama orang lain.
12.   Minggu ke 3, jika dia belum juga meminta balikan sama kamu. Ngomong aja terus terang bahwa kamu masih sayang dia dan ingin kembali bersamanya. Yakinkan bahwa kamu sudah berubah, tak seperti dulu sehingga kalian putus.



*Rampung*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar