Selasa, 05 Maret 2013

"Penyebab flu dan pecegahannya"

Postingan kali ini aku tulis karena terinspirasi dari diri sendiri yaitu mengenai "flu" karena saat ini saya sedang flu berat :(
Nah sebelum bahas "penyebab dan pencegahan flu", aku kasih tau nich 3 fakta tentang flu.

Yang pertama, sering kita mendengar informasi bahwa memperbanyak konsumsi vitamin C ketika flu akan mempercepat penyembuhan. Informasi ini tidak sepenuhnya salah karena memang ketika tubuh mengalami flu, kebutuhan akan vitamin dan mineral meningkat. Namun demikian, yang harus diluruskan adalah bahwa yang dibutuhkan bukan hanya terkonsentrasi pada vitamin C saja tetapi konsumsi makanan bergizi dan kaya serat serta konsumsi air putih yang banyak juga dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan.
Nah kedua, seseorang yang terkena flu kemudian berkeringat artinya orang tersebut akan segera sembuh. Banyak orang yang mengira bahwa flu dapat sembuh dengan sendirinya ketika pasien menggunakan selimut atau jaket tebal kemudian berkeringat. Kondisi ini sesungguhnya tidak berpengaruh apapun pada virus flu. Berkeringat hanya
akan membuat pasien merasa lebih tenang dan nyaman.
Dan yang terakhir adalah yang ketiga, ada sebuah mitos yang melarang meminum susu ketika tengah terserang flu. Mitos ini dipercaya karena konsumsi susu akan meningkatkan produksi lendir ketika seseorang terserang flu. Hal ini tidak dibenarkan. Faktanya susu tidak akan meningkatkan produksi lendir ketika flu. Sebaliknya, konsumsi susu dapat menyegarkan tubuh dan membantu tubuh menyerang virus flu. Demikian fakta kesehatan mengenai flu. Semoga bermanfaat.

Sering kali orang beranggapan apabiala terserang batuk dan flu disebabkan karena mengkonsumsi gorengan atau es dalam jumlah yang berlebihan. Atau penyebab lainnya karena kecapean,kena hujan, kena debu, naik sepeda motor atau polusi lainnya. Ternyata semua anggapan tersebut tidak benar, itu semua bukan menjadi penyebab langsung timbulnya batuk, pilek, dan demam pada anak. Factor daya tahan tubuh menjadi factor penting bagi penderita flu, demam, batuk, pilek. Bila tidak ada kontak dan sumber penularan flu tidak akan terjadi karena virus tersebut tidak akan beterbagan di udara luas.
Mitos tidak benar tentang penyebab flu, pilek, demam, dan batuk:
• Karena cuaca dan perubahan musim
• karena makan gorengan atau makan krupuk
• Karena kena air hujan
•karena masuk angin akibat kipas angin atau naik kendaraan
• Karena kecapekan dan kurang tidur
• Karena naik sepeda Motor
• Karena minum es
• Karena berenang atau AC
• kena debu rumah, cebu bangunan atau bulu Binatang

Beberapa factor tersebut bukan menjadi penyebab utama. Tapi menjadi factor yang memperberat bukan factor utama. Kalaupun ada faktor debu, dingin, minum es pada penderita alergi hanya menjadi keluhan batuk sesaat dan sebentar akan membaik dalam beberapa jam kemudian.
Hal ini disebabkan karena alergi bukan virus. Karena, infeksi saluran napas harus ada sumber penularan kontak yang terkena infeksi. Misalnya minum es memang akan memperberat batuk, dan pilek yang terjadi. Pada penderita alergi kadangkala bukan hanya es, tetapi kandungan es yang ada seperti es jeruk atau es coklat bisa menjadi penyebab alergi batuk. Bila terdapat faktor tersebut di atas tetapi tidak ada kontak yang sakit flu atau virus maka tidak akan terjadi atau tertular infeksi tersebut.

Upaya pencegahan flu:

• Gunakan vaksin flu
Gunakan vaksin flu pada saat musim flu datang. Tetapi tidak semua virus flu dapat di tangkal oleh vaksin flu tersebut. Dari waktu ke waktu terdapat juga jenis vaksin dengan tipe virus yang sedang menjadi wabah. Tapi selain berbeda type virus nya, seringkali muncul tipe virus yang lolos dari upaya penangkalan, itu di karenakan banyaknya tipe virus dan strain virus flu yang ada.

• Perkuat kekebalan tubuh
Dengan istirahat yang cukup dan menu makanan yang bergizi tinggi terutama disaat musim hujan merupakan cara untuk memperkuat kekebalan tubuh. minum air hangat, mandi air hangat, dan baluri tubuh dengan obat gosok. Pilih makanan bergizi tinggi khususnya yang berprotein tinggi seperti: susu, telur, daging dan sayur mayur berwarna hijau. Hindari hembusan angin, berada di udara terbuka apalagi mandi hujan.

• Hindari paparan udara dingin
Semakin sering tubuh kita terpapar dengan udara dingin semakin mudah kita terserang virus, bukan hanya virus flu tapi semua jenis virus. Virus mudah menjangkit tubuh kita apabila ketahanan tubuh kita semakin melemah. maka untuk melawan agar virus menyerang adalah dengan menjaga agar ketahanan tubuh kita kuat. Jika ketahanan tubuh kita kuat maka virus yang sudah masuk akan bisa di basmi atau di tumpas secara alami, sehingga kita batal jatuh sakit flu.

• Rajin basuh tangan dengan sabun
Tangan kita menjadikan sumber perpindahan virus ke tubuh kita melalui aktifitas seperti: bersentuhan dengan daun pintu, bersentuhan dengan uang, pintu mobil dan lain-lain yang juga di sentuh oleh orang selain kita. Studi tentang hal ini sudah di pelajari sewaktu SARS mewabah. Dari sana virus yang sudah mencemari segala yang di sentuh oleh pengidap flu bisa berpindah ke jemari tangan kita.

• Sering berkumur-kumur
Virus flu memasuki tubuh melewati lubang hidung dan rongga mulut. Selain hidung harus terjaga bersih, mulutpun pertahananya perlu kokoh atau kuat. Maka disarankan untuk berkumur
sesering mungkin. Untuk obat kumur kita bisa menggunakan seduhan daun sirih atau memakai obat kumur yang ada di pasaran. Dengan cara demikian kita berusaha mengenyahkan bibit penyakit yang mungkin sudah mulai mengendap di rongga mulut, termasuk bibit virus flu. Demikian upaya pencegahan flu, yang sebenarnya jika cara di atas di praktekan setiap hari maka tubuh kita akan selalu sehat dan aman dari serangan flu. Jika badan sudah terasa pegal-pegal, bersin-bersin, kepala pusing, mata terasa panas, dan batuk-batuk kecil, kemungkinan itu adalah gejala awal penyakit flu, segera meminum obat flu apa saja dan tidur setelah kita meminum minuman yang hangat-hangat. Biasanya dengan cara itu penyakit flu batal muncul.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar